Pemimpin itu…

Pemimpin itu…

Mesti menyadari bahwa organisasi yang dipimpinnya bukanlah milik dia semata.  Mesti menyadari bahwa yang pada akhirnya akan membangun organisasi adalah seluruh orang-orang yang ada di dalamnya.  Mesti menyadari, bahwa keberadaanya sebagai pemimpin di organisasi, bukanlah jabatan sampai akhir hayat, tapi amanah sementara yang mudah saja baginya diganti, dipindahkan atau dimutasi. Konsekuensi kesadaran itu diwujudkan menjadi keberanian untuk melibatkan orang-orang di dalamnya dalam setiap keputusan maupun kebijakan yang diambil. Keberanian untuk memprioritaskan orang-orang di dalamnya sebagai faktor yang memiliki timbangan lebih berat dibandingkan dengan faktor-faktor lain yang mempengaruhi. Keberanian untuk mendengar dan menyelami apa yang diinginkan oleh orang-orang yang dipimpinnya.

Pemimpin itu…

Legowo menyerahkan keberhasilan kepada bawahannya dan serta merta berani mengambil tanggungjawab dari kegagalan atau kesalahan anak buahnya.  Berani berkata “saya yang salah, karena saya yang sudah menugaskannya”.

Pemimpin itu…

Berani mengubah sistem sebagai wujud dari cita-cita dan visinya untuk kebaikan organisasi, bukan hanya mengalir pada sistem yang sudah ada. Tapi di lain pihak, pemimpin mesti berani meneruskan keberhasilan yang diraih oleh pemimpin-pemimpin terdahulu. Tidak sungkan mengadopsi cita-cita, ide, maupun saran dari para pendahulu demi kebaikan, demi pencapaian cita-cita jangka panjang, demi perbaikan berkesinambungan.

Pemimpin itu…

Tak ragu untuk bermimpi. Kalau tidak berani bermimpi, jangan jadi Pemimpin. Karena ada unsur mimpi dari kata PeMIMPIn !!!

Kalau pemimpin takut rintangan atau kesusahan yang akan dialami dalam menggapai mimpi ? Cukup tersenyum dan berkata dalam hati “Aku tidak akan menjadi pemimpin seperti itu !”

About hendrianafaridh
Faridh Hendriana, lahir di Kuningan, kota di ujung timur provinsi jawa barat. Sekarang tinggal di kota Bandung.

2 Responses to Pemimpin itu…

  1. Riri says:

    Pemimpin itu…
    Inspiratif

    Pemimpin itu…
    Motivator

  2. inedwiyanti says:

    “Pemimpin itu…Tak ragu untuk bermimpi.”,
    terkadang Pemimpin itu bermimpi tapi tidak melihat mimpi orang-orang yang dipimpinnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: